ANDA PUNYA DUA JENIS WAKTU YANG PENTING

By Fadly Muin on Sunday, November 4, 2018



Satu aspek penting dalam acara pembuatan skedul ialah menentukan waktu yang diutamakan. Waktu yang diutamakan dan terjadi secara interen ialah pada waktu anda bekerja dengan hasil yang terbaik pada pagi, sore atau malam hari. Waktu utama yang terjadi secara eksteren ialah waktu ter baik untuk melayani orang lain, mereka yang harus anda layani di dalam lingkungan pekerjaan anda, hi dup sosial anda dan di rumah. ' Waktu utama interen ialah waktu anda dapat mempunyai konsentrasi yang terbaik. Saya kenal de ngan orang-orang yang bangun pagi dan tidak per nah mendapatkan ide yang bagus setelah jam 07.00 dan juga orang-orang yang senang begadang yang berada di puncak kreativitas mereka di antara jam 22.00 dan tengah malam. Kalau anda harus memilih 2 jam dalam sehari saat anda dapat berpikir paling jernih, mana yang akan anda pilih? Dari jam 10.00 sampai dengan jam 12.00? Dari jam 16.00 sampai dengan jam 18.00? Dua jam yang anda pilih kemungkinan adalah waktu utama interen anda pribadi, tapi selama dua ming gu yang akan datang anda akan mengecek untuk membuktikan apakah konsentrasi anda berada pada titik puncak jam-jam itu.

Usahakan untuk menyediakan seluruh waktu in tem anda demi proyek-proyek yang utama.

Kebanyakan orang-orang busines memilih dua jam pertama waktu kerja mereka sebagai waktu utama interen, tapi ini adalah waktu yang biasa di gunakan untuk membaca koran, menjawab surat-su rat rutin, menyelesaikan telpon-telpon yang kema rin belum dijawab dan berbicara dengan teman seja wat serta bawahan. Alangkah lebih baik untuk menggeser tugas-tugas rutin seperti itu pada jam yang tidak utama

Seorang Nyonya rumah mengalami satu dorong an energi yang bebas setelah suami dan anak-anak nya meninggalkan rumah. Dia sibuk kesana kemari membenahi tempat tidur, mencuci perabot, mencu ci pakaian, menata kembali barang-barang mainan sehingga pada jam 11.00 dia berhasil menyelesaikan seluruh pekerjaan di rumah. Lalu dia merasa lelah sampai jam 14.30 dan sampai waktunya untuk men jemput anak-anaknya di sekolah. Niatnya memang bagus sekali: Dia berpikir apabila dia dapat menye lesaikan semua pekerjaanya maka dia akan punya banyak sekali waktu luang untuk membuat lilin-lilin hias yang merupakan satu proyek sampingan yang menghasilkan inkam dan senang melakukannya.

Tapi dia menemukan dirinya sendiri terlalu lelah se telah semua pekerjaan selesai, namun maksud tuju annya tercapai. Karena dia sudah dapat menyelesai kan pekerjaan di rumah pada sekitar jam 11.00, dan dia menjadi segan untuk mengeluarkan seluruh peralatannya dan menyebarkan peralatannya di selu ruh ruang sehingga membuat keadaan menjadi sem rawut lagi. Karena itu apa yang dihasilkannya ialah bawha dia merasa tidak punya cukup waktu untuk membuat lilin hias. Seperti seorang yang berada di luar garis, saya segera dapat melihat bahwa dia telah membuat satu kesalahan besar pada perenca naannya. Perubahan sederhana untuk memutarbalik kan acara pembuatan lilin hias dan kegiatan membersihkan rumahnya menghilangkan dua jam waktu utama untuk proyek pembuatan lilin biasnya.

Seorang ahli analis pada riset kimia,yang me lewatkan waktu sore harinya untuk menyimak litera tur-literatur profesional yang berkaitan dengan per kembangan paling baru di dalam lapangannya dan menyelesaikan kerja administratip rutin juga mela kukan kesalahan yang sama, hanya dalam bentuk se baliknya. Orang ini adalah seorang yang bekerja lambat, dan hanya benar-benar bisa giat sesudah makan siang. Kalau dia mengalihkan kerja-kerja rutinnya di pagi hari, maka dia akan punya kebebas an di sorehari untuk lebih banyak menggunakan da ya kreatip demi pekerjaannya.

Waktu utama eksteren ialah apabila sumbersumber eksteren biasanya, berada dalam keadaan paling siap untuk mengadakan keputusan, penelitian, dan menyediakan informasi. Itulah saatnya anda da pat berbicara dengan atasan agar mendapatkan ke putusannya sebelum dia meninggalkan tempat dan melakukan perjalanan busines selama satu minggu. Para salesman mengetahui bahwa waktu utama eks teren mereka berlangsung mulai dari jam 09.00 sampai jam 17.00,yakni dimana mereka dapat berta tap muka dengan langganannya pada jam-jam itu. Karena itu mereka merencanakan masalah-masalah yang rutin untuk jam yang berada pada sebelum atau sesudah periode itu.

Penting kiranya untuk memastikan sebelumnya bahwa anda akan dapat bertemu dengan orangorang yang harus anda temui. Seorang Nyonya ru mah harus lebih dulu membuat janji untuk pergi ke dokter gigi, dokter umum dan penata rambutnya. Diapun mengetahui kapan toko-toko tempat dia bia saberbelanja,buka dan tutup. Dia juga berhubungan dengan ibu-ibu lain mengenai perencanaan pengguna ' an kendaraan yang dilakukan secara bergantian un tuk membawa anak-anak ke sekolah.

Seorang petugas eksekutip harus lebih dulu da pat memastikan bahwa, apabila dia menelpon seseorang, dia punya kemungkinan yang besar akan da pat menemukan orang yang dibutuhkan dalam keada an yang tidak sibuk. Dia juga harus tahu kapan te man sejawatnya bebas untuk berkonsultasi dan dia harus merencanakan untuk memanfaatkan keuntung an daripada waktu itu.

Kebanyakan orang tidak terlalu baik untuk me nempatkan diri mereka sendiri di dalam keadaan orang lain, dan karenanya juga tidak terlalu baik dalam pengertian mereka terhadap rencana-rencana orang lain. Padahal terdapat banyak sekali keuntung an kalau anda dapat melakukan yang demikian. Se orang petugas eksekutip yang saya kenal melewat kan waktu yang berkepanjangan dengan atasannya pada saat makan siang sebab dia tahu atasannya ja rang pergi keluar. Mereka. bersama-sama makan sandwich di kantor tanpa diganggu, karena setiap orang lainnya sedang pergi makan siang.

Satu waktu lain yang dapat dipilih ,untuk da pat berbicara dengan atasannya ialah pada bebera pa saat setelah dia datang, sementara dia menang galkan topi dan jas luarnya, dan sebelum dia punya kesempatan untuk terbenam dalam hal-hal lain.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

 
ANDA PUNYA DUA JENIS WAKTU YANG PENTING