"SIAPA YANG PUNYA WAKTU UNTUK MENGADAKAN RENCANA?"

By Fadly Muin on Wednesday, October 24, 2018



Tak peduli bagaimana sibuknya, sebaiknya an da harus selalu mengambil waktu untuk mengada kan rencana. Makin sedikit waktu luang yang anda punyai, makin penting pula untuk merencanakan penggunaan waktu secarateliti.Lewatkan saja antara 10 menit pada awal atau akhir setiap harinya de ngan mengadakan rencana dan hal ini pasti akan membayar kembali segala jerih payah anda dengan keuntungan yang berlipat ganda.

Ada kalanya anda begitu sibuk,sehingga meta sa sama sekali tidak punya waktu untuk mengada kan rencana. O.K, barangkali anda memang tidak punya waktu untuk membuat rencana dan mutlak melakukan segala sesuatu yang ingin anda selesai kan. Tapicobalah berpikir mengenai hal ini. Dengan kegagalan untuk membuat rencana, anda akan sedikit sekali merasa bebas pada waktu kapan pun dan dengan kegagalan membuat rencana, anda hampir pasti akan gagal untuk membedakan mana yang ter golong A, B dan C. Bahkan kalau anda membatasi diri untuk melakukan hal-hal yang tergolong dalam kelompok A saja, mungkin anda masih belum dapat melakukan pokok-pokok A yang terbaik. Karena itu walaupun anda berpikir tidak pernah punya waktu kalau anda sedang sibuk, sebenarnya anda bisa men dahului waktu dengan mengadakan rencana. Ini benar-benar yang saya inginkan. Justru karena anda tidak punya waktu untuk membuat rencana, maka anda harus mengambil waktu untuk membuat rencana
Waktu yang terbaik untuk membuat rencana ialah pada pagi hari atau pada akhir setiap hari. Terdapat banyak faktor-faktor kelebihan pada pem buatan rencana yang dilakukan pagi hari kalau anda masih segar. Anda akan memenangkan momentum sementara anda berjalan terus. Baru saja anda berpikir mengenai apa yang harus anda lakukan,dengan mudah sekali anda akan berge rak melakukannya. Dengan skala prioritas untuk ha ri itu yang tersusun tapi, anda mengurangi kemung kinan untuk menyimpang, sementara anda berjalan terus pada hari itu. '

Pokok kegiatan pembuatan rencana di malam hari ialah karena anda sudah tahu sampai di mana anda hari itu dan perspektip ini akan menolong an da untuk memilih kegiatan pada esok harinya. Juga, kalau anda sudah dapat merencanakan dengan baik pada saat anda tiba di tempat kerja keesokan ha rinya, maka anda tidak perlu berdalih lagi mengenai apa yang harus dilakukan dan apa akibat pemboros an waktu. Satu kelebihan lain, ialah bahwa batin bawah sadar anda dapat bekerja selama anda tidur dan mengembangkan ide-ide sehingga anda dapat tiba di tempat pekerjaan dan siap untuk bertindak.

Kelebihan-kelebihan yang berbeda pada peng adaan rencana di pagi hari dan malam hari,kedua nya layak dimanfaatkan. Maka saya menyarankan agar anda membuat rencana di pagi hari atau di malam hari.

Apakah waktu untuk ,pengadaan waktu dapat dipertanggungjawabkan? Saya pernah punya bebera pa orang klien yang saya ikuti dengan teliti menge nai berbagai kegiatan mereka dan berapa banyak waktu yang digunakan untuk itu selama seminggu. Mereka adalah orang-orang yang cukup teliti, tahu akan berharganya waktu dan perencanaan lebih dari pada ratarata orang. Mereka juga yakin mengenai pentingnya arti perencanaan dan mengikat janji pa da diri mereka sendiri untuk menggunakan waktu seperlunya bagi pembuatan rencana itu. Mereka me nemukan bukti bahwa seluruh waktu yang dilewat kan untuk membuat rencana ternyata kurang dari empat jam setiap minggunya. Mereka mengambil ke simpulan bahwa sesungguhnya tidak membuang ba nyak waktu untuk membuat rencana, kurang dari sejam sehari, tapi hasil-hasilnya cukup berarti, yakni lebih banyak hal yang berada pada kelompok ska la A-l berhasil diselesaikan dan juga lebih sedikit gangguan-gangguan yang tidak penting mengacau. Melalui perencanaan, mereka dapat tetap mencurah kan fokus pada hal-hal yang penting.

Sejumlah petugas eksekutip yang saya tahu, te lah membuat satu tata. tertib untuk tidak mening galkan kantor sampai mereka selesai merencanakan kegiatan untuk esok harinya. Satu tambahan perluas an bisa dilakukan dengan datang lebih pagi 15 me nit pada keesokan harinya dan mempertajam renca na itu. Tentunya karena gangguan dan krisis biasa nya tiba selama mereka kerja, maka penyesuaianpenyesuaian lebih lanjut perlu dibuat.

Saya sendiri membuat hampir semua rencana di pagi hari. Betapa pun kerasnya saya berusaha ra ta-rata waktu yang saya gunakan untuk perencana an itu.tidak bisa lebih lama dari tiga setengah jam setiap minggunya. Saya bangun sekitar jam 05.00 le bih dulu dari orang lain dalam rumah, dan saya menggunakan waktu yang masih tenang ini untuk kegiatan saya yang terpenting yaitu membuat rencana.

Setiap pagi sebagai satu bagian dari rencana saya, saya meneliti sasaran tujuan hidup dan menge nali kegiatan yang termasuk kelompok skala A khusus yang bisa saya lakukan hari itu dan dengan de mikian bergerak maju menuju sasaran-sasaran tuju an hidup tadi. Sisa waktu sebelum makan saya gu nakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang ter masuk kelompok skala A. Menyelesaikan buku ini adalah satu kegiatan dan sebagian besar dari peker jaan ini berhasil saya selesaikan sebelum keluarga saya bangun.

Saya merekomendasikan untuk menggunakan hari Jum'at sore bagi peninjauan ulang segala ma cam kegiatan yang terjadi pada minggu itu, meren canakan pokok-pokok kegiatan untuk minggu yang akan datang, secara garis besarnya dengan catatan apa yang akan anda lakukan pada hari Senin supaya lebih diperinci. Gunakanlah hari Senin pagi untuk menerapkan rencana anda dan mulai dengan menger jakan sasaran tujuan yang tergolong kelompok skala A untuk minggu itu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

 
"SIAPA YANG PUNYA WAKTU UNTUK MENGADAKAN RENCANA?"