BAGAIMANA MENGKHUSUSKAN WAKTU UNTUK KEGIATAN SKALA "A"

By Fadly Muin on Friday, October 26, 2018



Salah satu alat utama untuk membuat rencana yang ingin saya tegaskan ialah menyusun skedui. Tapi menyusun skedul berarti lebih daripada mema sukkan segala macam ha] yang harus anda lakukan ke dalam jam-jam yang tersedia, misalnya: rapat, janji-janji dan batas-batas waktu. Menyusun skedul juga berarti menyediakan waktu khusus untuk apa yang ingin anda lakukan, yakni hal-hal yang terma suk dalam kelompok skala A.

Dalam menyusun penataan skedul mingguan, yang terpenting adalah menyediakan waktu khusus untuk ‘hal-hal yang termasuk dalam kelompok skala A dan menuntut banyak waktu. Untuk membangun momentum, perlu diadakan susunan skedul dengan penyediaan waktu yang khusus dan yang cukup ba nyak. Cadangkan hari-hari tertentu sepanjang ming gu. Katakanlah hari Selasa dan Kamis pagi khusus untuk proyek-proyek yang pentingBahkan kalau pa da hari itu terjadi banyak sekali penyitaan waktu khusus yang termasuk dalam kelompok skala A yang berprioritas tinggi.

Untuk mendapatkan lebih banyak waktu yang termasuk bagi' kelompok skala prioritas A, katakan lah waktu khusus untuk skala A tiap harinya dan dengan tegas singkirkan segala hal yang termasuk skala prioritas C selama periode ini. Untuk mencip takan waktu khusus bagi hal-hal skala prioritas A supaya dapat diselesaikan, mulailah dengan sedikit dulu dan jatahkan misalnya 15 setiap hari untuk di gunakan secara khusus bagi kegunaan hal-hal yang termasuk skala prioritas A. Secara bertahap anda dapat meningkatkan waktu yang disediakan untuk prioritas skala A ini, sementara anda menjadi ma kin terbiasa dengan gagasan untuk mengemukakan yang penting lebih dulu.

Cobalah dengan menyediakan waktu khusus un tuk skala A secara horizontal pada almanak minggu an pada waktu yang sama setiap harinya, katakan hari Senin sampai Jum'at, jam 9.30 sampai 10.30. Anda juga dapat menyediakan waktu khusus itu se cara menurun pada suatu hal, katakan menyediakan hari Rabu sore dari jam 14. 00 sampai 16.00 seba gai waktu A untuk proyek A minggu ini.

Seorang suami, yang istrinya mempunyai kebia saan menerima banyak undangan kencan keluar bagi mereka dan yang merasa bahwa dia tidak punya cu kup waktu untuk dilewatkan bersama dengan istri nya secara pribadi, meneliti catatan-catatan harian istrinya dan menulis kata sibuk pada tiap-tiap Sela sa malam. Ketika istrinya diundang untuk hari itu, dia meneliti catatan hariannya dan menemukan bahwa pada saat itu dia sibuk. Dengan demikian suaminya berhasil membebaskan waktu skala prioritas A untuk melewatkan malam itu secara pribadi dengan nya.

Saya telah membaca karangan-karangan di da lam literatur managemen,yang menyara'nkan bahwa cara untuk dapat menguasai waktu anda adalah de ngan mencatat apa yang dilakukan setiap menit se lama 24 jam setiap harinya atau 168 jam setiap minggunya. Saya dengan tegas menolak cara pende katan ini; bukan karena acara seperti itu menyita banyak waktu dan merupakan satu beban tersendiri untuk menelusuri penggunaan waktu anda, dan saya yakin bahwa hal itu justru merupakan pemborosan waktu. Andaikata anda merasa perlu untuk membu at perubahan di dalam kebiasaan makan anda. Seca ra naluriah sudah mengerti bahwa anda harus me ngurangi jumlah makanan-makanan yang digoreng dan menambah sedikit jumlah protein serta bebera pa macam sayuran yang segar untuk menolong kese imbangan diet anda. Tetapi akan merupakan pembo rosan waktu kalau anda harus meneliti setiap jenis makanan yang anda makan sebelum menentukan apa yang harus diubah. Sebaliknya, membuat catatan ha rian mengenai makanan gorengan dan sayuran yang anda makan selama sebulan, akan cukup banyak me nolong untuk mengurangi makanan-makanan goreng dan menambah sayuran. Dengan segera anda akan mendapat manfaat pada peningkatan kesehatan, dan anda akan terbebas dari kerepotan untuk melewat kan waktu satu bulan yang harus'digunakan untuk meneliti segala sesuatu yang anda makan. Demikian pula dengan cara penggunaan waktu itu sendiri. Sa ya merasa alangkah baiknya kalau anda mengawasi penggunaan waktu anda secara selektip, meneliti hal-hal yang menimbulkan problema khusus dan me nyita jumlah waktu yang terlalu banyak.

Menurut pengalaman saya, orang yang berusaha untuk melaporkan segala sesuatunya akan merasa. dirinya terbelenggu dan tak berdaya oleh keru mitan masalahnya, sehingga mereka dalam beberapa hari saja sudah merasa putusasa tanPa membuat perubahan apa pun. Saya yakin bahwa membuat ca tatan demi pencatatan itu sendiri hanya punya sed! kit sekali nilai manfaat, tapi dengan penggunaan pencatatan secara selektip demi mempengaruhi cara anda melakukan suatu tugas yang khusus mempu nyai nilai manfaat yang besar.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

 
BAGAIMANA MENGKHUSUSKAN WAKTU UNTUK KEGIATAN SKALA "A"