Bagaimana Acara Schedul Dapat Menolong

By Fadly Muin on Tuesday, October 23, 2018



Kalau anda merasa tak berdaya pada waktuwaktu yang telah lalu, mungkin sekarang anda me rasa tak berdaya lagi setelah anda menambahkan kegiatan kelompok skala A pada segala sesuatu yang telah anda lakukan sebelumnya. Barangkali anda masih ingin melakukan segala sesuatu yang sudah anda lakukan sebelumnya, seper ti: mencuci piring, bekerja dan berbelanja ke toko. Tetapi sekarang anda ingin berbuat lebih ba nyak lagi, yakni kegiatan-kegiatan skala kelompok A yang sudah anda nyatakan pada bab sebelumnya.

Untuk menemukan satu jalan keluar bagi pro blema ini, taruhlah sasaran tujuan hidup anda untuk beberapa menit di latar belakang saja dan mulailah yang lain dari skala waktu. Apa yang harus anda la kukan hari ini?

Jelas anda membutuhkan waktu untuk kegiat an-kegiatan yang baku, seperti, makan dan tidur se mentara jumlah waktu yang anda jatuhkan bagi me reka barangkali berbeda-beda. Memang untuk kelan caran fungsional yang normal, dibutuhkan batas-ba tas minimal. Kecuali kalau anda memang kaya dan mandiri atau ada seseorang yang menyokong anda, tentunya anda harus bekerja untuk menghasilkan uang bagi makan, minum, pakaian dan perumahan. Ini meliPlm Juga waktu untuk berpakaian, berhias diri, pulang dan pergi kerja, dan untuk berada di tempat pekerjaan yang semuanya perlu dan menyita waktu.

Kemudian anda masih membutuhkan waktu un tuk tugas-tugas rutin seperti: bangun dari tempat tidur di pagi hari, membaca koran, membaca surat, menghadiri rapat-rapat staf mingguan, mengatur tempat kerja anda, melihat televisi, mencuci piring, mengemudi mobil dan mengantarkan anak-anak. Tu gas-tugas rutin ini ditentukan oleh posisi anda di dalam suatu organisasi misalnya, ikatan hubungan kekeluargaan, tanggung jawab sosial, tanggung ja wab sebagai warganegara dan lain-lain.

Kegiatan-kegiatan yang esensial dan tugas-tu gas rutin merupakan kegiatan setiap hari yang bia sanya tidak banyak anda pikirkan, akan tetapi mere ka mengisi banyak waktu setiap harinya. Pada ke nyataannya mereka itu justru mudah sekali membu at hampa kehidupan anda!

Seorang sekretaris mengeluh pada saya bahwa dia tidak pernah punya waktu untuk mengerjakan tugas-tugas khusus yang diserahkan atasannya pada dia, yang sebenarnya sangat dia sukai. Setelah aca ra pembahasan bersama dia menyadari kesukaran nya, yakni bahwa dia melewatkan waktunya untuk tugas-tugas rutin yang diserahkan padanya oleh atasannya pada saat dia bekerja, misalkan, menja wab telepon, mengambil pendiktean, menyusun arsip, mengantar orang masuk kamar atasannya, men jawab pertanyaan-pertanyaan dan membina persedia an keperluan kantor. Beban muatan kerja rutinnya menjadi demikian beratnya sehingga dia tidak mung km menyerapnya dan juga tugas-tugas yang menye nangkan hatinya. Hal ini juga sering sama benarnya bagi Nyonya rumah.

Sadarilah bahwa anda ingin mengerjakan semua itu dengan bekerja keras dan teliti hanya seke dar untuk menyelesaikan tugas rutin itu, kalau ini memang yang dikehendaki.

Tugas-tugas hari ini sampai batas tertentu juga sudah diatur terlebih dahulu oleh segala sesuatu yang sedang dalam proses, berarti apa yang sudah dimulai sejak kemarin atau minggu lalu atau bulan lalu. Di dalamnya termasuk kegiatan-kegiatan yang dirancang dengan dasar yang teratur dan juga oleh ikatan-ikatan perjanjian untuk apa anda telah me nyediakan waktu tersendiri. Seorang penulis yang di kagumi dan telah mendapatkan hasil yang menakjub kan dengan penulisan bukunya yang pertama meneri ma banyak undangan pada tahun setelah dia menca pai suskes. Bahkan kalau di dalam hati kecilnya ingin bebas se hari saja dan melewatkan waktu dengan keluarga nya atau untuk mulai menulis buku yang baru, dia sudah terikat berbulan-bulan sebelumnya untuk me nyampaikan pidato, ceramah dan tampil di siaran televisi. Pada hari apa pun dia tidak dapat memu tuskan untuk dirinya sendiri apakah dia akan tidur larut malam atau tetap tinggal di rumah dan mem baca buku. Anda sendiri mungkin juga menemukan kenyataan bahwa sebagian besar waktu anda telah tersita oleh ikatan-ikatan janji yang telah dibuat sebelumnya.

Ganggguan-gangguan yang tak diduga dan kri sis-krisis lebih lanjut, menuntut waktu anda yang se ringkali terasa amat menjengkelkan. Anda bangun menemukan kenyataan bahwa anda telah membiar kan lampu di atas kepala anda tetap menyala dan akinya habis. Jadi bukannya 'anda pergi ke tempat kerja seperempat jam lebih awal untuk mengejar se dikit pekerjaan yang tersisa, anda malah menemu kan diri anda sendiri dua jam terlambat datang ke kantor. Anda diberitahu bahwa Tuan Jones telah menelpon lima kali untuk menyatakan keluhannya bahwa alat yang anda janjikan pada dia kemarin belum juga tiba, sehingga anda harus berlari kesana kemari untuk melancarkan pengirimannya. Kegiatan-kegiatan yang esensial, tugas-tugas rutin dan ikatan-ikatan janji yang sebelumnya telah dibuat dan digabung dengan segala macam ganggu an dan krisis yang terjadi, dapat meniadakan impi an seorang untuk mempunyai beberapa waktu demi mengejar satu tujuan hidup. Tapi sebenarnya tujuan hidup itu tidak perlu sama sekali dihilangkan. Semuanya tergantung pada ba gaimana anda mengenali dan menanganinya semua penyita waktu yang tak dapat dihindarkan, dan apa kah anda sudah siap untuk meluangkan waktu demi diri sendiri. Saya tidak tahu adanya jalan lain un tuk meningkatkan kemungkinan tercapainya sasaran tujuan hidup yang penting, kecuali kalau anda hams merencanakan penggunaan waktu anda setiap hari.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

 
Bagaimana Acara Schedul Dapat Menolong